+6285785751526

Follow Us

You are here: Home ยป News and Blog ยป STAI Al Mujtama Pamekasan Sukses Langsungkan Seminar Internasional

STAI Al Mujtama Pamekasan Sukses Langsungkan Seminar Internasional

Pamekasan, STAI Al Mujtama Pamekasan sukses menggelar Seminar Internasional Turats Nusantara selama 2 hari yaitu pada 23-24 Juni 2024. Seminar ini menghadirkan Dr. Imamuddin, Lc., MA, seorang pensyarah dari Akademi Pengajian Islam (APIUM) Universiti Malaya, Malaysia, sebagai pembicara utama. Acara yang berlangsung di Ruang Seminar STAI Al Mujtama tersebut menarik perhatian banyak peserta, termasuk kalangan akademisi, mahasiswa, dan para ulama setempat.

Dalam paparannya, Dr. Imamuddin menjelaskan secara mendalam tentang sholat-sholat yang tidak banyak didengar dalam Syariah. Tema ini menarik banyak perhatian karena menyentuh aspek-aspek ibadah yang seringkali menjadi perdebatan di kalangan ulama. Dr. Imamuddin mengungkapkan bahwa sholat-sholat tersebut telah menjadi subjek pro dan kontra di antara ilmuwan Syariah.

“Mayoritas ulama melarang pelaksanaan sholat-sholat ini,” jelas Dr. Imamuddin. “Termasuk KH Hayim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yang juga menentang praktik tersebut. Namun, penting untuk memahami bahwa pendapat ini tidak seharusnya mendegradasi keulamaan tokoh lain seperti KH Abdul Hamid bin Itsbat Banyuanyar.”

Lebih lanjut, Dr. Imamuddin menyampaikan bahwa bisa jadi kitab-kitab pembanding yang menjelaskan hukum yang menyanggah belum tersedia pada masa itu. “Ini bisa dianggap sebagai kekurangan biasa yang terjadi pada ulama, termasuk Imam Al-Ghazali yang juga menyebut sholat-sholat ini dalam Ihya’ Ulumuddin-nya,” tambahnya.

Seminar ini tidak hanya membuka wawasan para peserta mengenai sejarah dan praktik ibadah dalam Islam, tetapi juga menekankan pentingnya memahami konteks sejarah dan perbedaan pendapat di kalangan ulama. Dr. Imamuddin menegaskan bahwa diskusi dan perbedaan pendapat merupakan bagian dari dinamika ilmu pengetahuan dalam Islam yang harus dihargai dan dipahami dengan baik.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta memiliki kesempatan untuk berdialog langsung dengan Dr. Imamuddin. Banyak pertanyaan dan diskusi menarik yang muncul, menunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu para peserta terhadap topik yang dibahas.

STAI Al Mujtama Pamekasan berharap seminar ini dapat menjadi langkah awal untuk lebih banyak kegiatan akademis yang membahas Turats Nusantara dan isu-isu kontemporer dalam Islam. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan diskusi-diskusi akademis yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman,” ujar Ketua STAI Al Mujtama , Akhmad Rofii Damyati, S.Hum, M.I.S. P.hD yang merupakan alumnus turki tersebut

Dengan berakhirnya Seminar Internasional Turats Nusantara ini, diharapkan para peserta dapat membawa pulang pengetahuan baru dan pemahaman yang lebih luas tentang keberagaman pemikiran dalam Islam serta pentingnya menghargai perbedaan dalam bingkai persatuan umat.

Ikuti juga saluran WhatsApp STAI AL Mujtama Pamekasan Untuk Update info terbaru seputar kampus
๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป
https://whatsapp.com/channel/0029VaYbhLnElagzh28qsm14

STAI AL MUJTAMA white

Jl. Raya Pegantenan Km. 09, Pegantenan, Pamekasan 69361, Tengracak, Plakpak, Kec. Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69361

ยฉ Hak Cipta 2023 – STAI Al Mujtama Pamekasan | Konten Terakhir Dimutakhirkan April 2023